Rabu, 11 April 2012

Jaringan Komputer












Pelajaran Pada hari Sabtu jam 14.40
DEFINISI SEDERHANA JARINGAN KOMPUTER

TERMINOLOGI DAN LINGKUP
Jaringan computer adalah suatu bentuk aturan dan metode yang menghubungkan (interkoneksi) berbagai macam device komputasi (sering disebut juga end node) sehingga dapat berkomunikasi satu sama lain.
– Terdiri dari device komputasi media transmisi (channel komunikasi ) untuk mentrasnmisikan sinyal data dan kontrol, komunikasi elektronik untuk routing/switching data dari sumber (source) ke tujuannya (destination) dan termasuk perangkat lunak yang digunakannya.
– Jaringan dapat melingkupi jaringan kecil sampai jaringan besar yang dipisahkan secara geografis (LAN, MAN, WAN).

SIFAT JARINGAN KOMPUTER

1.      Dapat menghubungkan semua yang terhubung di dalamnya.
2.      Setiap station (end node) memiliki alamat jaringan unik, untuk dapat terhubung dibutuhkan pengetahuan alamat yang dituju, seperti nomor telepon.

BLOK PENYUSUN JARINGAN KOMPUTER

1. Terminal, Workstation, Komputer dan device lain (end nodes)
2. Media Transmisi ( untuk mentransmisi sinyal data dan sinyal kontrol)
3. Network electronics ( intermediate devices untuk routing data dari source ke destination)
4. Perangkat lunak untuk mengontrol transmisi data.
5. Standar Arsitektur Jaringan (Standar untuk mendukung interoperabilitas antara kebutuhan perangkat yang berbeda yang dibuat oleh vendor yang berbeda)


1. TERMINAL DAN WORKSTATION
• Device ini sebagai sumber data (source) maupun tujuan data (destination) dalam network.
• Contoh :
– Personal computer
– Terminal
– Workstation
– Komputer
– Point of sale cash registers
– Automatic teller machines


2. MEDIA TRANSMISI
Bagian ini mentransmisikan sinyal elektronik maupun sinyal cahaya melalui media yang berbeda-beda. Terdiri dari 2 macam, yaitu :
1. Bounded Media :
􀂙 Twisted pair wire
􀂙 Co-axial cable
􀂙 Fiber optic cables
􀂙 Wave guides
2. Unbounded Media :
􀂙 AM and FM radio
􀂙 TV broadcasting
􀂙 Satellite communication
􀂙 Microwave radio
􀂙 Infrared signals

3. NETWORK ELECTRONICS
Device Network electronic melayani berbagai macam fungsi termasuk proses routing atau switching data dari source ke destination atau untuk menyediakan interface antara media transmisi yang berbeda atau protocol komunikasi yang berbeda.
- Bridges - Concentrators
- Routers - Front End Processors
- Private Branch - Switches
   Exchange (PBX) - Hubs
      - Multiplexers - Gateways

4. PERANGKAT LUNAK
• Perangkat lunak adalah bentuk nyata penerapan teknik implementasi end node pada protokol yang mendefinisikan aturan, prosedur untuk inisiasi dan meletakkan data pada terminal untuk siap ditansfer, menginterpretasikan bagaimana data direpresentasikan dan saat ditransmisikan dan bagaimana suatu kesalahan (error) ditangani
• Perangkat lunak pada network electronics biasanya berfungsi khusus untuk memastikan data ditransmisikan dari source ke destination.

5. STANDAR ARSITEKTUR JARINGAN
• Interface: titik interaksi antara dua device, misalnya printer dan PC.
• Standar Interkoneksi : spesifikasi metode interfacing dua device, membuat vendor tidak memerlukan pengetahuan yang dalam mengenai peralatan jaringan lain jika dihubungkan dengan peralatannya, selama dalam frame yang telah ditentukan.
• Arsitektur: blueprint dari standar jaringan yang terdiri dari pemilihan media, media interface, metode encoding data, protokol transmisi, protocol routing, dsb.
• Dibutuhkan untuk memastikan interoperabilitas antara berbagai jenis device dan peralatan yang dibuat oleh berbagai vendor.

Definisi
         Kumpulan komputer dan periferal (printer, ploter, scanner, modem dll) yg terhubung satu dengan lainnya melalui media komunikasi baik kabel atau tanpa kabel sehingga dapat berkomunikasi.

Paralel vs Serial
         Untuk kepentingan proses di dalam komputer, data di transfer dalam bentuk paralel. Karena cara ini yg tercepat untuk memproses data.
         Ketika berkomunikasi dengan komputer lain, data di transfer dalam bentuk serial.
         Jadi untuk berkomunikasi dengan komputer lain, komputer pengirim mengkonversi data dari bentuk paralel ke bentuk serial, setelah diterima, komputer penerima mengkonversi data serial ke bentuk paralel.

Simplex vs Duplex
Berdasarkan arah aliran datanya maka transfer data serial dapat dibedakan menjadi :
        Simplex : data serial yg ditransmisikan hanya satu arah.
         Contoh : Satelit cuaca yg mengirim data – data perubahan cuaca
        Half duplex : data serial yg  ditransmisikan dua arah tapi tidak secara simultan.
         Contoh : Komunikasi HT
        Full duplex : data serial yg ditransmisikan dua arah secara simultan.
         Contoh : Komunikasi telepon.
Sinkron vs Asinkron
         Berdasarkan cara transmisinya maka transmisi data serial dibedakan menjadi:
        Transmisi sinkron yaitu : data dikirim dalam bentuk blok dengan kecepatan konstan. Awal dan akhir blok ditandai dengan byte khusus (pola bit tertentu).
        Transmisi asinkron yaitu : data dikirim dalam bentuk karakter, tiap karakter memiliki 1 bit untuk menandai awalnya dan 1 atau 2 bit untuk menandai akhirnya. Karena tiap karakter bisa diidentifikasi awal dan akhirnya maka karakter ini bisa ditransmisikan sewaktu – waktu.
         Contoh : Seseorang yg menekan keyboard sewaktu – waktu.
Manfaat Untuk Perusahaan
         Berbagi pakai (Resource sharing).
Seluruh program, peralatan, khususnya data bisa digunakan oleh setiap orang yang ada pada jaringan tanpa terpengaruh oleh lokasi resource dan pemakai.
         Keandalan tinggi.
Bila salah satu komputer tidak dapat dipakai maka komputer lainnya dapat menggantikannya.
         Menghemat biaya.
Komputer berukuran kecil mempunyai rasio  harga/kinerja yang lebih baik dibanding dengan komputer yang besar.
         Skalabilitas.
Kemampuan untuk meningkatkan kinerja sistem secara berangsur-angsur sesuai dengan beban pekerjaan dengan hanya menambah sejumlah komputer.
         Medium komunikasi.
Sebuah jaringan komputer mampu bertindak sebagai medium komunikasi yang baik bagi para pegawai yang terpisah jauh. Dengan menggunakan jaringan, dua orang atau lebih yang tinggal berjauhan akan lebih mudah untuk bekerjasama menyusun laporan.
Manfaat Untuk Umum
         Akses informasi jarak jauh.
1.      Layanan umum pemerintah untuk mendapatkan informasi tentang cara membayar pajak, mendapatkan izin perdagangan dan lain-lain.
2.      Institusi keuangan yaitu dengan membayar tagihan, mengelola rekening, menentukan portofolio secara elektronik.
3.      Surat kabar online yg bersifat pribadi yang memungkinkan seseorang memesan berita tertentu yang diperlukan.
4.      Perpustakaan digital online yg memungkinkan seseorang mencari buku-buku tertentu yg dibutuhkan.
5.      World Wide Web (WWW) yg berisi informasi tentang seni, bisnis, memasak, kesehatan, sejarah, hobi, rekreasi, sains, olahraga, perjalanan dan lain-lain.
         Interaksi orang ke orang.
1.      Email yaitu pos elektronik yg telah dipakai oleh jutaan orang. Tidak lama lagi akan muncul email yang berisi pesan-pesan audio dan video seperti halnya pesan-pesan tekstual.
2.      Real time email (chating) yaitu teknologi yg memungkinkan pengguna berjauhan dapat berkomunikasi tanpa tertunda. Tidak lama lagi akan muncul chating yang dapat saling bicara, mendengar dan melihat.
3.      Video confrencing yaitu teknologi yg memungkinkan pertemuan bersama sejumlah orang yang tinggal berjauhan sehingga bisa saling bicara, mendengar dan melihat.
4.      News group yaitu teknologi yg memungkinkan sekelompok orang bertukar pikiran membahas topik tertentu secara tertulis. Topik yang dibahas mulai dari hal-hal yang bersifat humor hingga serius.
                     Hiburan interaktif.
Yaitu teknologi yg memungkinkan pengguna memilih sendiri film atau acara yang diinginkan (video on demand) dari negara manapun. Film-film menjadi interaktif. Penonton dapat mengarahkan jalan cerita sesuai skenario alternatif yang ditawarkan. Industri ini merupakan industri besar yg terus berkembang dan bisa menjadi pesaing industri-industri sejenis yang menggunakan cara-cara lama.
         Pertanyaan.
Selain manfaat-manfaat  yang telah dijelaskan diatas, masalah-masalah apa saja yg timbul dengan majunya teknologi jaringan komputer? (Buatlah jawaban anda dalam bentuk slide).
Teknologi Transmisi Jaringan
Teknologi transmisi jaringan dapat dibedakan menjadi :
         Jaringan Broadcast.
        Jaringan yang memiliki saluran komunikasi tunggal yg dipakai bersama-sama oleh semua komputer yg ada pada jaringan. Data yg dikirim dalam jaringan ini berbentuk paket data yg terdiri dari field alamat dan field data. Field alamat berisi keterangan kepada siapa paket tersebut dikirim.
         Jaringan Point to Point.
        Jaringan yg terdiri dari hubungan pasangan individu beberapa komputer. Untuk pergi dari sumber ke tujuan, suatu paket data harus melalui satu atau lebih komputer-komputer perantara. Seringkali harus melalui banyak rute yg mungkin berbeda jaraknya. Karena itu algoritma routing memegang peranan penting pada jaringan point to point.








Klasifikasi Jaringan
Berdasarkan luas cakupan kerjanya maka jaringan komputer dapat diklasifikasikan menjadi :










Metropolitan Area Network (MAN)
         Luas area yg diliput mencapai satu kota (± 10 km).
         Mampu menyalurkan data dan suara dan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.
         Standar teknologi transmisi yg digunakan adalah Distributed Queue Dual Bus (DQDB) dengan nomor standar IEEE adalah 802.6.
         DQDB terdiri dari dua bus (kabel) satu arah yg menghubungkan semua komputer.
         Setiap bus mempunyai sebuah head end yaitu perangkat untuk memulai aktivitas transmisi.


 




Wide Area Network (WAN)
         Luas area yg diliput mencapai satu negara bahkan satu benua  (± 100 - 1000 km).
         Terdiri dari host yg terhubung oleh sebuah subnet.
         Host (end system) adalah kumpulan komputer yg dipakai untuk menjalankan aplikasi.
         Subnet adalah kumpulan router dan saluran komunikasi yg bertugas membawa pesan dari satu host ke host lainnya.
         Subnet terdiri dari dua komponen yaitu kabel transmisi dan elemen switching.
         Kabel transmisi (sirkuit, kanal atau trunk) merupakan media untuk memindahkan bit-bit dari satu komputer ke komputer lainnya.
         Elemen switching (router) dipakai untuk menghubungkan dua kabel transmisi atau lebih. Saat data tiba di kabel penerima, router harus memilih kabel pengirim untuk meneruskan data tsb.
         Hampir semua subnet bekerja memakai prinsip store and forward yaitu prinsip mengirim paket data melalui router perantara. Oleh router perantara paket data tersebut diterima dalam keadaan lengkap, disimpan sampai saluran output menjadi bebas kemudian baru diteruskan.

 



Jaringan Tanpa Kabel
         Cikal bakal jaringan tanpa kabel.
        Tahun 1901 Seorang ahli fisika italia bernama Guglielmo Marconi berhasil meluncurkan telegraf tanpa kabel menggunakan kode morse  (titik dan strip).
        Banyaknya pengguna notebook dan personal digital assitant (PDA) yg menginginkan untuk berhubungan dengan komputer pusat.
         Beberapa jenis jaringan tanpa kabel yaitu :
        Menggunakan telepon genggam yg memakai modem analog.
        Cellular Digital Packet Data (CDPD) layanan selular digital langsung.
         Manfaat jaringan tanpa kabel adalah bisa mewujudkan kantor portabel dll.
         Kelemahan jaringan tanpa kabel adalah.
        Kemampuan transmisi jauh lebih rendah daripada jaringan dengan kabel yaitu 1 – 2 Mbps.
        Laju kesalahan seringkali lebih besar.
        Transmisi dari komputer yg berbeda dapat mengganggu satu sama lain.


Internetwork
         Adalah kumpulan jaringan yg terinterkoneksi.
         Seringkali jaringan yg satu tidak kompatibel dengan jaringan yg lain, untuk menghubungkan jaringan yg tidak kompatibel tersebut dibutuhkan suatu komputer yang disebut gateway
         Gateway adalah suatu komputer yg bertugas menerjemahkan perangkat keras dan perangkat lunak yg dibutuhkan untuk melakukan hubungan antar jaringan yg tidak kompatibel.
         Bentuk internet yg umum adalah kumpulan dari LAN yg dihubungkan oleh WAN.
         Subnet adalah kumpulan router dan kabel komunikasi.
         Kombinasi dari subnet dan host membentuk jaringan







Hirarki Protokol
         Untuk mengurangi kerumitan rancangan, suatu jaringan diorganisasi sebagai suatu tumpukan layer atau level.
         Jumlah, nama, isi, dan fungsi setiap layer dapat berbeda dari jaringan satu ke jaringan lainnya.
         Layer n pada sebuah mesin melakukan komunikasi dengan layer n pada mesin lainnya.
         Hukum dan konvensi yang dipakai dalam pembicaraan ini dikenal secara umum sebagai protokol layer n.
         Entity dari layer yang bersesuaian pada mesin yang berlainan disebut peer.
         Peerlah yang berkomunikasi menggunakan protokol.
         Antara setiap layer yang berdekatan terdapat sebuah interface.
         Interface menentukan operasi primitive dan layanan layer.
         Himpunan layer dan protokol disebut arsitektur komunikasi.
         Daftar protokol yang digunakan oleh suatu sistem , satu protokol satu layer disebut stack protokol.













Interface dan Layanan
         Elemen aktif pada sebuah layer disebut entity.
         Setiap entity bisa berupa software (proses) bisa berupa hardware ( I/O chip).
         Entity-entity yang ada pada layer yang sama pada mesin yang berbeda disebut peer entity.
         Entity pada layer n melaksanakan sebuah layanan yang dipakai pada layer n+1.
         Layanan-layanan tersebut bisa dijumpai di SAP (Service Access Point).
         Setiap layanan mempunyai alamat yang unik untuk mengidentifikasikan dirinya.
         Pada interface tertentu, entity layer ke n+1 melintasi sebuah IDU (Interface Data Unit) ke entity layer n melalui SAP seperti gambar berikut ini.








         IDU terdiri dari sebuah SDU (Service Data Unit) dan beberapa informasi kontrol.
         Untuk mengirimkan SDU, entity layer n harus memecahnya menjadi beberapa bagian.
         Setiap bagian diberi header dan dikirim sebagai PDU (Protocol Data Unit) yang terpisah.

Connection vs Connectionlesss
         Layer memiliki dua macam layanan bagi layer diatasnya : Connection-oriented dan Connectionless .
         Connection-oriented service
        Layanan ini mirip sistem telepon.
        Pengguna membuat koneksi.
        Menggunakan koneksi.
        Menghentikan koneksi.
         Connectionless service
        Layanan ini mirip pengiriman pos.
        Setiap pesan mempunyai alamat dituju.
        Mempunyai route yg berdiri sendiri.
         Layanan disebut andal bila layanan tersebut tidak pernah kehilangan data.
Layanan
Contoh
Reliable Message stream
Sequence of pages
Reliable Byte stream
Remote login
Unreliable Connection
Digitized voice
Unreliable Datagram
Electronic junk mail
Acknwoledge datagram
Registered mail
Request-reply
Database query









Operasi Primitif
         Sebuah layanan memiliki operasi primitif.
         Operasi  primitif terdiri dari empat kelas yaitu
Primitif
Arti
Request
Suatu entity meminta layanan untuk mengerjakan sesuatu
Indication
Suatu entity perlu diinformasikan mengenai suatu kejadian
Response
Suatu entity ingin memberi tanggapan terhadap suatu kejadian.
Confirm
Tanggapan terhadap permintaan sebelumnya talah kembali











         Primitif dapat memiliki parameter. Contoh :
         Parameter Connect.Request adalah : tujuan koneksi, layanan yg diminta, ukuran pesan maksimum.
         Parameter Connect.Indication adalah : identitas pemanggil, layanan yg diminta, ukuran pesan maksimum.
         Parameter Connect.Confirm adalah : Usulan ulang ukuran pesan maksimum.

Contoh Operasi Primitif
         Connect.request – Meminta koneksi untuk dimulai.
         Connect.indication – Signal entity yang dipanggil.
         Connect.response – Penerima menerima atau menolak panggilan.
         Connect.confirm – Memberitahukan pemanggil koneksi diterima.
         Data.request – Meminta data untuk dikirim.
         Data.indication – Signal sampainya data.
         Disconnect.request – Meminta koneksi untuk diputus.
         Disconnect.indication – Signal peer tentang permintaan.

Perbedaan Layanan dgn Protokol
         Layanan adalah himpunan operasi primitif yang disediakan sebuah layer bagi layer yang berada diatasnya.
         Sama halnya dengan obyek pada sebuah bahasa OOP. Layanan menentukan operasi apa saja yang bisa dilakukan pada obyek tersebut.
         Tapi layanan tidak bisa menentukan bagaimana operasi tersebut dilakukan.
         Layanan berhubungan dengan interface yang berada diantara dua layer.
         Protokol adalah sejumlah aturan yang mengatur format dan arti sebuah frame, paket atau pesan yang dikirim dari peer entity pengirim kepada peer entity penerima.
         Entity menggunakan protokol agar dapat mengimplementasikan layanan-layanannya.
         Entity bebas mengubah protokolnya dengan alasan tertentu.

MODEL REFERENSI TCP/IP
Pengertian
         Adalah arsitektur protokol untuk mengatur komunikasi data di internet yg terdiri dari lima lapisan.
         Kelima lapisan itu adalah :

1.      Lapisan fisik
2.      Lapisan akses jaringan
3.      Lapisan Internet
4.      Lapisan transport
5.      Lapisan aplikasi
Sejarah TCP/IP
         Pada tahun 1969 DARPA (Defence Advance Research Project Agency) mendanai sebuah riset untuk membangun jaringan komunikasi data antar komputer.
         Tujuan riset ini adalah membuat aturan komunikasi data antar komputer.
         Riset ini sukses melahirkan ARPANET dengan protokol komunikasi data yg disebut NCP (Network Comunication Protocol).
         Ukuran ARPANET semakin lama semakin besar sehingga NCP tidak sanggup menampung banyak node komputer.
         DARPA kemudian mendanai pembuatan protokol komunikasi yg lebih canggih.
         Tahun 1982 Departemen pertahanan Amerika menyatakan TCP/IP menjadi standard untuk jaringan.

Lapisan Akses Jaringan
         Layer ini bertanggung jawab mengirim  dan menerima data dari media fisik .
         Media fisik dapat berupa kabel, serat optik atau gelombang radio.
         Layer ini menerjemahkan sinyal listrik menjadi data digital yg dimengerti komputer.
         Contoh : LLC, ARP, RARP, SNAP
Lapisan Internet
         Layer ini bertanggung jawab mengatur pengiriman paket agar sampai ke tujuan.
         Cara pengiriman paket pada layer ini bisa dianalogikan dengan pengiriman surat melalui pos.
         Pengiriman lapisan internet bersifat :
        Unreliable – protokol ini tidak menjamin pengiriman sampai ke tujuan.
        Connectionless – pengirim dan penerima tidak memberitahukan terlebih dahulu.
        Datagram delivery service – paket data yg dikirim independen dengan paket data yg lain. Artinya jalur yg ditempuh untuk sampai ke tujuan bisa berbeda.
         Contoh protokol pada layer ini adalah IP, OSPF, IGRP, RIP

Lapisan Transport
         Layer ini bertanggung jawab mengatur arus data antara dua host untuk keperluan aplikasi di atasnya.
Contoh protokol pada layer ini yaitu TCP dan UDP.
Lapisan Aplikasi
         Layer ini berisi semua protokol tingkat tinggi.
         Contoh : Telnet, FTP, SMTP, DNS

Pengertian
         Adalah model konseptual suatu arsitektur protokol yg dikembangkan oleh International Standard Organization (ISO) pada tahun 1984. Terdiri dari tujuh lapisan. Masing – masing lapisan memiliki fungsi tertentu.
         Ketujuh lapisan itu adalah :
1.      Lapisan fisik
2.      Lapisan data link
3.      Lapisan network
4.      Lapisan transport
5.      Lapisan sesi
6.      Lapisan presentasi
7.      Lapisan aplikasi
Model Referensi OSI






Tujuan Model OSI
         Mengurangi kompleksitas sistem.
         Membuat standardisasi komponen jaringan
         Memfasilitasi rekayasa modular.
         Membuat teknologi yg interoperabel.
         Mempercepat proses evolusi teknologi jaringan.
         Memudahkan untuk dipelajari.

Prinsip Layer OSI
         Sebuah layer harus dibuat bila diperlukan tingkat abstraksi yang berbeda
         Setiap layer harus memiliki fungsi-fungsi tertentu
         Fungsi setiap layer harus dipilih dengan teliti sesuai dengan ketentuan protokol berstandar internasional
         Batas-batas layer harus dipilih untuk meminimalkan aliran informasi yang melewati interface
         Jumlah layer harus cukup banyak, sehingga fungsi-fungsi yang berbeda tidak perlu disatukan dalam satu layer diluar keperluannya.
         Jumlah layer juga harus diusahakan sesedikit mungkin sehingga pemakaian arsitektur jaringan tidak menjadi sulit

Lapisan Fisik (Physical Layer)
         Layer ini bertanggung jawab menangani
        Sinyal 
        Media transmisi.
         Fungsi layer ini untuk mengatur hal – hal sbb:
        Karakteristik voltase utk menyatakan nilai 1 dan 0.
        Timing perubahan voltase.
        Kecepatan data.
        Jarak transmisi maksimum.
        Konektor fisik.
         Layer ini memproses data dalam bentuk bit.

Lapisan Jalur Data (Data Link Layer)
         Layer ini bertanggung jawab menangani
        frame 
        pengendalian akses media.
         Fungsi layer ini untuk mengatur hal – hal sbb :
        Addressing
        Network topology
        Network access
        Error notification
        Ordered delivery frame
        Flow control

Lapisan Jaringan (Network Layer)
         Layer ini bertanggung jawab menangani,
        Sambungan (koneksi)
        Jalur
            antara dua host yg terpisah secara geografis.
         Fungsi layer ini adalah untuk mengatur hal – hal sbb :
        Path selection
        Routing
        Addressing
        Congestion (Pengendalian kemacetan)
         Salah satu protokol yg berfungsi pada lapisan ini adalah Internet protocol (IP).
Lapisan Transport (Transport Layer)
         Layer ini bertanggung jawab menangani
        Kualitas servis
        Reliability (keandalan)
         Fungsi layer ini untuk mengatur hal – hal sbb :
        Addressing
        Sinkronisasi koneksi
        Pengendalian arus (flow control)
        Multiplexing
        Error checking dan recovery
         Protokol yg berfungsi pada lapisan ini adalah
        Transmission Control Protocol (TCP).
        User Datagram Protocol (UDP)

Lapisan Sesi ( Session Layer)
         Layer ini bertanggung jawab membuka, mengatur dan menutup suatu sesi antar aplikasi – aplikasi.
         Fungsi layer ini untuk mengatur hal – hal sbb :
        Manajemen token
        Sinkronisasi
         Contoh protokol – protokol yg berfungsi pada sesi ini adalah :
        NFS
        NETBEUI
        RPC
        AppleTalk Session Protocol
Digital Network Architecture Session Control Program

Lapisan Presentasi (Presentation Layer)
         Layer ini bertanggung jawab menangani format dan penyajian data :
        Alfanumerik
        Gambar
        Suara
         Fungsi layer ini untuk mengatur hal – hal sbb :
        Menerjemahkan format data
        Enkripsi data
        Kompresi data
         Format data yg dapat dilayani layer ini adalah :
        PICT               – JPEG                        – MPEG
        TIFF                – MIDI                        – Quick Time

Lapisan Aplikasi (Application Layer)
         Layer ini adalah layer yg berinteraksi dengan user.
         Layer ini bertanggung jawab mendukung komunikasi antar komponen aplikasi.
         Fungsi layer ini untuk mengatur hal – hal sbb :
        Mengidentifikasi partner komunikasi.
        Menentukan sumber daya yg bisa digunakan.
        Sinkronisasi komunikasi.
        Mengendalikan integritas data.
         Protokol yg berfungsi pada lapisan ini adalah,
        FTP                 – SNMP                     – Telnet
        SMTP              – DNS


OSI dan Impelementasinya



Enkapsulasi Data Model OSI
         Lapisan aplikasi                       data = data + AH                                Data Stream
         Lapisan presentasi                   data = data + PH                                Data Stream
         Lapisan sesi                             data = data + SH                                Data Stream
         Lapisan transport                    data = data + TH                                Segment
         Lapisan network                     data = data + NH                                Packet
         Lapisan data link                     data = DH + data + DT                      Frame
         Lapisan Fisik                           data = data                                          Bits





Tidak ada komentar:

Posting Komentar